Category | Culinary

Jenis Pasta yang populer di dunia – Eternal

Pasta menurut (Wikipedia) adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, yang biasanya terbuat dari campuran adonan tepung terigu, olive oil, telur,air dan garam dan dibentuk menjadi lembaran-lembaran atau bentuk-bentuk yang beragam, yang kemudian dimasak dengan cara direbus atau dipanggang. Di Indonesia sendiri, jenis pasta yang populer adalah spageti, makaroni dan lasagna. Namun, sebenarnya ada banyak lagi jenis pasta lainnya, seperti vermiseli, fetucini, fusilli, penne, ravioli, dan sebagainya.

Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di negara asalnya sendiri Italia, terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk pasta yang baru. Pasta yang berbentuk seperti panjang-panjang seperti mi disebut spageti, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, versi yang agak tebal disebut fettucine, sedangkan variasi yang lebih kurus disebut vermicelli

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle, dan pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne .Berikut ini adalah jenis-jenis pasta yang paling populer :

1.   Spaghetti

jenis - jenis pasta
Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk panjang, tipis, silindris, dan padat. Karena berbentuk seperti mie, kebanyakan orang menyebutnya mie dari Italia meskipun banyak varian pasta lainnya yang berbentuk seperti mie. Spaghetti sangat mudah di olah, biasanya menu spaghetti yang sering di buat yaitu Spaghetti Bolognese, spaghetti aglio olio dan spaghetti carbonara.

2.   Macaroni

jenis - jenis pasta

Pasta makaroni berbentuk tabung, sangat cocok untuk saus krim dengan keju leleh karena bagian dalamnya yang berlubang dapat memenuhi apa pun yang dipasangkan dengannya.Saus krim, keju leleh, atau saus tomat dapat disajikan bersama pasta makaroni, menghasilkan masakan yang khas dan beraroma.

3. Penne

penne

Penne adalah jenis pasta pendek, berbentuk tabung, dan berlubang tengahnya. Tabung pasta penne berukuran sedang dan bergerigi, memiliki tepi yang dipotong secara diagonal. Penne cocok untuk semua jenis saus dan pasangan daging maupun sayur, dengan saus daging tebal hingga krim lembut. Namun disarankan untuk mengombinasikannya dengan saus yang lebih encer, agar saus mengalir ke dalam tabung dan memperkaya rasa.

4. Fusilli

fusilli
Pasta fusilli berbentuk spiral, seperti pembuka botol. Pasta ini sangat cocok dengan saus daging yang melimpah atau sayuran-sayuran tebal. Pasta pendek ini pas dengan hampir semua saus. Fusilli juga cocok untuk dibuat menjadi salad pasta. Fusilli juga bisa dipanggang menjadi casserole atau pasta bakes.

5. Farfalle

farfelle
Bentuk pasta ini seperti dasi kupu-kupu kecil. Bahkan, beberapa orang menyebut farfalle sebagai “pasta dasi kupu-kupu”. Farfalle adalah jenis pasta serbaguna yang dapat digunakan di sebagian besar resep yang membutuhkan jenis pasta pendek. Pasta ini sangat cocok dengan hidangan daging dan sayuran, untuk saus bisa menggunakan saus tomat atau krim ditambah dengan mentega atau minyak zaitun.

6. Fettuccine

fettuccine

Bentuk fettuccine yang datar dan seperti pita menjadikannya jenis pasta yang kokoh dan dapat menampung berbagai macam saus kental. Fettuccine juga cocok dikombinasikan dengan potongan daging atau sayuran.

 

Berikut Resep yang dapat anda buat dengan salah satu olahan pasta di atas:

 

“SPAGHETTI CARBONARA”

jenis - jenis pasta

Bahan-bahan:

Pasta Italia Spaghetti Carbonara

• 300 gram pasta spaghetti
• 1 sendok makan minyak sayur
• 1 liter air
• garam secukupnya

Bahan Saus Carbonara

• 100 gram bawang bombay, cincang hingga halus
• 3 sendok makan mentega
• 4 siung bawang putih
• 75 ml thickened cream
• 25 gram cream cheese/ keju parut
• 300 ml susu cair
• 1 butir telur ayam, kocok lepas
• garam secukupnya merica secukupnya

Bahan Pelengkap Pasta Italia Spaghetti Carbonara

• 150 gram smoked beef
• Irisan peterseli

Cara Memasak:

1. Panaskan air berikan sedikit garam dan minyak sayur (agar pasta tidak lengket)
2. Kemudian setelah mendidih masukan pasta
3. Lalu panaskan mentega
4. kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
5. Tambahkan potongan smoked beef, tumis kembali
6. Selanjutnya masukan susu cair, telur, cream dan bumbui dengan merica dan garam
7. Aduk hingga cepat agar telur tidak menggumpal
8. Kemudian masukan pasta ke dalam saus carbonara, aduk hingga merata
9. Angkat dan tuangkan ke dalam piring saji
10. Selanjutnya taburi dengan peterseli & keju parut.
11. Sajikan selagi hangat.

8 REKOMENDASI TEMPAT NGOPI DI BANDUNG

8 REKOMENDASI TEMPAT NGOPI DI BANDUNG Nongkrong sambil ngopi rasanya sudah menjadi…


kondisi food industry di era new normal

Kondisi Food Industry di Era New Normal

Kondisi Food Industry di Era New Normal - Eternal Kondisi food industry…

Leave a Reply

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to yonathan_aditya@eternalorganizer.com

× Assistance