fbpx

Category | Kitchen

Oven

Banyak orang yang menggunakan pembungkus plastik saat memanggang makanan di oven. Apakah hal ini aman jika dinilai dalam segi kesehatan? Seringkali, banyak orang memanggang makanan di oven dengan pembungkus plastik yang masih menempel. Suhu oven yang panas tentu membuat pembungkus plastik terpanggang dan bahkan meleleh.

Aman Kok !

Meski terdengar menyeramkan untuk kesehatan, faktanya banyak resep menganjurkan memasak di oven dengan pembungkus plastik. Dilansir dari MNN (20/12), The Washington Post menanyakan pada profesor kimia, Robert L. Wolke terkait hal ini.

“Kebanyakan pembungkus plastik rumahan tidak akan meleleh hingga suhu 220-250 F atau sekitar 104-121 C, tergantung produsennya,” jelas Robert. Alasan ini mampu menjawab mengapa pembungkus plastik bisa bertahan di suhu panas tinggi.

Sementara ada resep lain yang menyarankan memanggang kalkun di suhu 350 F (176 C), yang mana sangat tinggi. Untuk kasus ini, kuncinya ternyata ada pada aluminium foil. Wolke menjelaskan foil sangat tipis dan insubstansial sehingga tidak bisa menyerap dan menahan panas yang cukup untuk menjadi sangat panas.  Jadi meski ovennya bersuhu 350 F, aluminium foil itu sendiri tidak cukup panas untuk melelehkan plastiknya.

Namun meski berarti pembungkus plastik atau aluminium foil bisa masuk oven, apakah Anda harus memakainya di oven? Dr. Andrew Weil menjelaskan hampir setiap pembungkus plastik dibuat bebas phthalate atau phthalate-free.

Phthalate adalah bahan kimia untuk membuat plastik lembut, namun penggunaannya berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan. Low-density polyethylene (LDPE) atau polyvinylidene chloride (PVDC) digunakan sebagai pengganti phthalates, tapi “LDPE mungkin mengandung diethylhexyl adipate (DEHA) yang sebabkan kanker payudara pada wanita.

Karenanya Food and Drug Administration (FDA) menyarankan tidak menggunakan pembungkus plastik di microwave kecuali berlabel “microwave safe.” Namun FDA tidak mengeluarkan larangan pemakaian pembungkus plastik di oven karena kebanyakan produsen pembungkus plastik sudah menyatakan produk mereka tidak cocok dipakai di oven.

Selain kekhawatiran mengenai bungkus plastik memaparkan bahan kimia ke dalam makanan, ada juga masalah dengan lingkungan hidup. Plastik akan lama terurai, jadi gunakan plastik sesedikit mungkin. Hal itu menjadi pilihan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Teman-teman yang ingin membeli oven, jangan lupa untuk chat di official website kita ya, karena Eternal juga mempunyai tawaran menarik nih bagi kalian !

SIAL Interfood Jakarta 2017

SIAL Interfood Jakarta 2017 Sial Interfood 2017 is a 17th international food…



Leave a Reply

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to yonathan_aditya@eternalorganizer.com

× Assistance